top of page
  • Writer's pictureROBIANSYAH,ST

Gathering Guru Mapel Dalam Persiapan soal PAS Ganjil 2019.

Senin, 25 november 2019. Merupakan hari bahagia untuk seluruh guru. Dimana seluruh negeri mengingat dan memperingatinya.



Pesan Mendikbud Menjelang Hari Guru Nasional, yang menyita perhatian adalah pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. Naskah pidatonya memperingati Hari Guru tersebar sejak beberapa hari lalu. Pidato Nadiem dinilai tidak bertele-tele.

Apresiasi dan catatan atas substansi pidato itu pun banyak dibagikan di media sosial. Dalam naskah pidato itu, Nadiem menyampaikan sejumlah hal mengenai kondisi guru saat ini. Hal itu di antaranya, guru yang dinilainya terlalu disibukkan dengan urusan administratif sehingga memiliki ruang gerak terbatas untuk memberikan pendidikan dengan cara inovatif karena tertekan tuntutan kurikulum dan sebagainya.

Pada bagian akhir pidatonya, Mendikbud menyampaikan sejumlah alternatif kegiatan yang dapat diaplikasikan guru di kelas agar suasana dan kualitas berlajar-mengajar tak selalu monoton. Misalnya dengan mengajak diskusi, memberi kesempatan murid mengajar di kelas, melibatkan anggota kelas dalam sebuah proyek bakti sosial, dan sebagainya. "Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak," pesan Nadiem mengakhiri pidatonya.

Selasa, 26 november 2019. SMK Negeri 1 Kab Tangerang. Acara PAS (Penilaian Akhir Semester) Ganjil 2019 akan segera dilaksanakan dimulai 2 - 6 desember 2019. Tim PAS sudah dibentuk dan mulai melaksanakan pengaturan secara administratif, seperti penjadwalan, pengawas, teknisi, ruang ujian.


Tepatnya hari ini dilakukan persiapan soal ujian disertai kisi - kisi soal. Undangan diberikan beberapa hari sebelumnya agar para guru yang diberikan tugas dalam pembuatan soal dapat mempersiapkan kelasnya untuk ditinggal dan melakukan persiapan pembuatan soal yang dilaksanakan di aula sekolah.


Mengawali sambutan WAKA KURIKULUM Bapak Darsum, menyampaikan pesan teknis perihal soal yang akan dibuat dan penekanan kisi-kisi yang mengacu pada KI-KD mapel yang diampu. Tingkatan dan kualitas soal menjadi hal yang penting untuk menilai kualitas hasil dari peserta didik yang akan diuji.


Ujian akan dilaksanakan dengan sistim online, para peserta didik diminta persiapan peralatan ujian online secara mandiri berupa Android, Tablet, atau laptop. Adapun ruang kelas akan ditentukan kemudian. Persiapan perangkat server dan piranti lainnya dilakukan persiapan oleh tim teknis. Pengecekan soal sebelum dientri akan dilakukan setelah pengumpulan soal dilakukan oleh guru yang diberikan tugas untuk pembuatan soal.


Umum kendala yang terjadi adalah softcopy yang diberikan oleh rekan - rekan guru tidak singkron dengan software di server yang digunakan, untuk itu dilakukan verifikasi agar kendala sebelumnya ini tidak terjadi. Beberapa hal umum terjadi selama persiapan soal adalah server down sehingga entri data terputus, gambar tidak tampil di simulasi offline ujian hal ini dikarenakan resolusi dan jenis gambar yang diupload.


Serius dan tetap senyum dalam melaksanakan tugas

Dalam proses pelaksanaan hari ini masih jauh dari sempurna untuk itu kerjasama antar para pemegang mapel sangat dibutuhkan sehingga kendala teknis dalam pelaksanaanya bisa minimal. Keaktifan rekan - rekan guru sekalian tidak hanya dalam pembuatan soal akan tetapi memberikan kisi - kisi dalam persiapan para peserta didik untuk menghadapi ujian sehingga memperoleh nilai yang bagus.


KAMI (GURU) adalah seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih murid agar memahami ilmu pengetahuan yang diajarkannya tersebut.


Dalam hal ini, KAMI tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tapi juga pendidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang diteladani oleh para muridnya.


Peran KAMI sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun akhlaknya.


Salam semangat buat kawan - kawan guru SMK Negeri 1 Kab Tangerang.

Tangerang, 26 November 2019


ROBIANSYAH, ST

Guru T. Elektro Industri & Tim PAS

Support and Reference :

SMK N-1. Kab Tangerang

122 views0 comments
bottom of page